1. Belajar menjadi guru inspiratif.

Untuk menjadi guru inspiratif, tentu guru-guru harus tahu teknik berbicara di hadapan murid. Teknik berkisah. Bagaimana menjadi pendengar yang baik.

Kepala sekolah harus memberikan wadah pelatihan buat guru-gurunya tentang skill di atas.

2. Belajar menjadi guru yang cerdas.

Guru yang cerdas berawal dari guru yang suka belajar. Cerdas dalam aqidah, fiqih, sirah, dan juga pelajaran yang dia pegang. Misalkan matematika.

Guru mesti punya skill bagaimana menjawab soal lebih cepat. Guru harus punya logika cerdas dalam menjawab soal. Yang asalnya rumit, tapi dengan metode guru, akhirnya mudah dijawab.

Guru cerdas punya banyak bacaan. Dia suka membaca, sering ikut pelatihan. Senang menulis, berbagi kepada guru lain. Dia berbeda dari guru lainnya.

Kepala sekolah mesti mewadahi guru-gurunya menjadi cerdas. Berikan pelatihan bagaimana trik mengajar matematika yang baik, bagaimana mengajar aqidah yang memahamkan siswa lebih mudah, bagaimana mengajarkan siswa mudah dan cepat membaca kitab gundul.

Kepala sekolah harus punya andil menghadirkan guru-guru yang cerdas. Karena semua hal ini akan kembali menjadi kebaikan pada lingkungan sekolah.

#CatatanPinggirUkhuwah