الْحَمْدُ للَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى وَأَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

Dari ‘Abdullah bin Salâm, ia berkata:

“Ketika Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam (karena ingin melihatnya). Ada yang mengatakan: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong. Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah,

(( يَا أَيُّهَا النَّاسُ ،
أَفْشُوْا السَّلَامَ ،
وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ ،
وَصِلُوْا الْأَرْحَامَ ،
وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ ،
تَدْخُلُوْا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ )).

‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.”
(HR. Ahmad)

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

Inilah amalan yang akan menjadi sebab memasukkan seorang hamba ke dalam surga.

1. Sebarkan Salam

Salam ini akan mendatangkan kecintaan.

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَا تَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوْا ، وَلَا تُؤْمِنُوْا حَتَّى تَحَابُّوْا ، أَوَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ ؟ أَفْشُوْا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

Tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian kerjakan maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.
(Shahîh: HR. Muslim (no. 54) dan lainnya, dari shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

Dan… menyebarkan salam, itu kepada orang yang tidak dikenal, apalagi yang dikenal. Saat kita berjumpa dengan orang di jalan, ucapkanlah “Assalamu alaykum.”

Seorang guru mengucapkan salam kepada muridnya di kelas. Karyawan dengan sesamanya di kantor. Saat masuk rumah, ayah kepada penghuni rumah.

Abdullah bin Umar setiap kali ia bertemu dengan tukang loak (pedagang barang bekas), pedagang, orang miskin, atau siapa saja, ia selalu mengucapkan salam.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

2. Memberi Makan

Ini merupakan akhlak mulia yang bisa menghantarkan pelakunya masuk surga.

Berilah makan ke fakir, miskin, dsb. Apalagi saat Romadhon, kita bisa memberi makan kepada orang yang berpuasa.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

3. Menyambung tali silaturrahim…

Yaitu kita membangun persaudaraan. Terkhusus kerabat terdekat.

Jangan sampai kita bagus solatnya, puasanya, tapi tidak akur dengan tetangga.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

4. Shalat di waktu malam, di saat manusia sedang tidur.

Seperti solat tahajjud, tarawih, dsb.

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu melakukan Tahajjud sampai kakinya bengkak, ketika beliau ditanya bukankah engkau sudah diampuni dosa-dosamu yang lalu dan akan datang. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidaklah pantas aku menjadi hamba-hamba Allâh Azza wa Jalla yang bersyukur?”

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

Inilah 4 amalan yang akan menuntun seorang hamba ke surga. Dan tentunya surga adalah tujuan kehidupan kita di dunia ini.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

===

NB.
Naskah ini disajikan terinspirasi dari ceramah/khutbah para ustadz. Kami hanya mengedit, menambah dari rujukan lain, atau menyisipkan penjelasan tambahan. Selebihnya silakan Anda improvisasi.