fbpx

Jika engkau menginginkan sesuatu mintalah kepada Alloh.
Jika engkau memiliki suatu hajat yang menurut orang lain terlalu tinggi, maka jangan putus asa. Mintalah pada Alloh, lakukan usaha-usaha untuk menempuh sebab, dan pasrahkan hasilnya kepada Alloh.

Ibnu Rajab rahimahullah dalam Jami’ul Ulum wal Hikam tatkala menjelaskan hadits no. 49 mengatakan, “Tawakal adalah benarnya penyandaran hati pada Allah ‘azza wa jalla untuk meraih berbagai kemaslahatan dan menghilangkan bahaya baik dalam urusan dunia maupun akhirat, menyerahkan semua urusan kepada-Nya serta meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa ‘tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya, dan mendatangkan manfaat kecuali Allah semata‘.”

Dan jika apa yang engkau mimpikan belum terkabul janganlah berputus asa dari rahmat Alloh. Yakinilah ayat ini.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216).

Oleh karna itu ku nasehatkan kepada diri dan saudaraku sekalian.

“Bermimpilah setinggi mungkin seperti menaiki anak tangga dan sandarkan mimpi itu pada Alloh agar jika jatuh engkau tidak luka terlalu dalam.”

Tidak ada siapapun yang mampu mengabulkan hajat kecuali Allah ta’ala.

Barokalllohu fikunna
#SahabatMuslimah08

Penulis: Ummu Hanin