fbpx

📛 MAU SELAMAT DARI FITNAH?
INI SALAH SATU JALAN KELUARNYA📛

✒ SEBELUM ENGKAU BERBICARA ATAU MENULIS ✒

Asy-Syaikh Prof.Dr. Sulaiman bin Salimullah Ar-Ruhailiy -حفظه الله- berkata :

Siapa saja yang ingin berbicara maka hendaknya dia perhatikan tiga perkara :

🔵 Hendaknya ucapan itu haq secara dzatnya, yakni dia tahu bahwa apa yang akan dia ucapkan adalah haq (kebenaran), apabila ucapan itu berupa ilmu maka dia yakin bahwa ilmu itu adalah ilmu yang shahih, dan apabila berupa berita maka berita itu benar-benar terjadi.

🔴 Hendaknya ucapan itu haq dari maksud dan tujuannya, yakni dia tahu bahwa Allah mengetahui maksud hati dan tujuannya hanya menginginkan wajah Allah ta’ala, apabila dia melihat bahwa hatinya tidak menginginkan yang demikian maka hendaknya dia berhenti.
Ada seseorang yang menukil berita karena ingin menasehati ummat, maka dia berada di atas kebaikan, dan adapula yang menukil berita yang sama namun hanya ingin mengorek-ngorek kehormatan saudaranya, atau ingin mengadu domba antara dua pihak, atau selain itu, maka diapun berdosa. Maka hendaklah memperhatikan apa yang ada di dalam hati.

⚫ Hendaknya ucapan itu haq dari sisi pengaruhnya, yakni ucapan itu menghasilkan mashlahat syar’i yang diharapkan, apabila ucapan itu tidak menghasilkan mashlahat syar’i yang diharapkan maka tidak boleh disampaikan dan tidak boleh disebarkan apabila berupa berita.
Dan inilah perkara yang mesti diperhatikan seorang muslim secara umum dan penuntut ilmu secara khusus.
🔊Translate dari rekaman nasehat beliau pada daurah fiqih muamalat📃

✒Abu Yahya Asri Albuthoniy_